Selasa, 20 September 2011

PARAGRAF

Paragraf adalah kesatuan pikiran yang menggunakan ide pokok yang berbentuk dalam kalimat yang berkaitan dengan bentuk/kohesi dan makna/koherensi.

 Di bawah ini adalah salah satu contoh dari sebuah paragraf

     
   Siang itu matahari bersinar dengan terik, wajar saja mengingat waktu menunjukkan
tepat pukul 13.00 siang. Di tengah lapangan tampak dua tim futsal yang tengahbertanding memperebutkan juara satu dan dua SMUKIE CUP 2008. Mereka sudahmelangkah hingga ke babak final. Kedua sekolah itu, SMAK 4 PENABUR dan SMATarakanita 2 memang terkenal atas kepiawaian dalam berlaga bola kaki. Di standpanitia, seorang gadis berambut panjang sedang berbicara, ingin menyampaikanpesan kepada salah satu temannya yang bernomor punggung 77 dari Tarakanita.
             "Ada titipan salam nih dari Anit buat tim Tarq, semoga menang yah... Oh ya, buatyang bernomor punggung 77, kenalan dong, ganteng banget deh," demikian panitiaberujar lewat pengeras suara.
Si gadis pun tersenyum ringan, gembira karena pesan jahilnya telah tersampaikan.Ia kemudian menghampiri teman­temannya dari SMAK 1, lalu mengamatipertandingan yang telah berjalan separuh waktu. Tiba­tiba, matanya menangkapsesuatu pada kaos penjaga gawang lawan.
      "Hah?" ia kaget hingga tak dapat berucap apa­apa. Rupanya dari tim SMAK 4 jugaada pemain yang bernomor punggung 77. Walau dalam hati ia malu tetapi mukatetap dipasang topeng pede alias percaya diri, sementara teman yang lain tidakkuasa menahan tawa melihat kejadian yang konyol itu.


Di atas mengandung paragraf Dedukti,Narasi,Kronologi,karena terdapat unsur itu di dalamnya,,


1. Deduktif   adalah inti paragraf di awal paragraf.
2. Narasi      adalah menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologi
3. Kronologi adalah Mempunyai catatan waktu yang jelas

Sekian penjelasan saya tentang paragraf,bila terdapat kekurangan mohon di maafkan dan mohon bantu di koreksi sekalian bertukar ilmu,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar