Kamis, 13 Juni 2013

Testing Program Dengan Software Crystal REVS for C++

Crystal REVS for C++ adalah suatu software yang menguji kode program yang menggunakan bahasa C++/C dengan menghasilkan flow chart dan mengitung cyclomatic complexity dari kode program tersebut berdasarkan Complexity Measure dari McCabe. Crystal REVS for C++ terintergrasi dengan beberapa fungsi seperti Flowacharts, Rich Tree, DataFlow, Dokumentasi dengan bentuk HTML, Auto-formatting, Tokes Panel, Comment Panel pada satu tools.
Dengan menggunakan software ini, kita dapat meng-explore source code, mengetahui flowchart untuk memahami alur logic dan fungsi kode program, dan mengetahui besarnya cyclomatic complexity sehingga kita dapat menarik kesimpulan mengenai kode program yang telah kita buat, apakah memiliki readability, yang artinya kode program yang telah kita buat mudah dibaca dan kita bisa focus pada logic program yang telah kita buat. Jika tidak, maka sebaiknya kita mereview kembali kode program yang telah kita buat.
1. Unit/Component Testing
Pada fase ini penulis mengetes program  Crystal REVS for C++ mulai dari awal menginstal hingga selesai dan tidak ada masalah.

2. Integration Testing
Pada fase ini penulis mencoba untuk mengoperasikan fitur yang ada pada Crystal REVS for C++ hingga tidak ada yang masalah atau error.

3. System Testing
Pada tahap ini di bagi menjadi 3 bagian yaitu 
- Operating Sistem yang dibutuhkan
min.Windows 2000, Windows Server 2003, Windows XP
- Driver yang diperlukan oleh aplikasi
tidak ada driver tambahan untuk menjalankan software tersebut
- Aplikasi yang di tes
Ketika dilakukan tes pada software tersebut tidak ada kendala

4. Acceptance testing
Software yang penulis uji sudah bisa melakukan operasi sesuai dengan fungsinya

5. Regression testing
Pada tahap ini penulis melakukan tes ulang pada semua komponen yang terdapat daam software sehingga berfungsi dan berjalan dengan baik.

Sumber :http://51917s.wordpress.com/2012/06/09/artikel-software-testing-testing-dan-implementasi/ 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar